Selamat Datang di Indonesia, BlackBerry!

Jika kamu pernah punya dan mungkin banyak cerita bersama ponsel pintar BlackBerry, kamu sungguh beruntung menjadi bagian dari sejarah itu. Karena, brand asal Kanada itu resmi meninggalkan bisnis ponselnya.
Ya, merek ponsel yang sempat meledak di dunia era 2008-2012 itu kini tinggal kenangan.
Melalui keterangan pers dari kantor pusat BlackBerry di Waterloo, Kanada, Rabu (28/9) waktu setempat, perusahaan mengumumkan lisensi produk perangkat kerasnya kini telah berpindah tangan ke pengusaha Indonesia, tepatnya PT BB Merah Putih.
PT BB Merah Putih merupakan perusahaan patungan dengan PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, yang merupakan afiliasi dari perusahaan telekomunikasi milik negara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom).
Sementara CEO BlackBerry John Chen yakin bahwa langkah perusahaan sudah tepat dengan meninggalkan bisnis perangkat.
“Kami telah memutuskan untuk menghentikan semua pengembangan peranti keras handset,” kata CEO BlackBerry John Chen. “Kami percaya bahwa ini adalah jalan terbaik untuk mendorong profitabilitas dalam bisnis perangkat.”
Dengan langkah ini, BlackBerry telah mengikuti jejak sejumlah perusahaan teknologi lainnya, terutama Nokia, yang telah berubah menjadi bisnis software.
Namun, analis menekankan, sekarang Chen harus menunjukkan bahwa dia tetap bisa menghasilkan pendapatan di luar bisnis perangkat dan berhasil memelihara pertumbuhan perusahaan.
Sumber : Arah.com

Comments